19 July 2016

TV Series Review: Doctors - Part 2


Meskipun memiliki IQ yang tinggi seorang wanita dengan jiwa “tough” yang kental merasa bahwa menjadi wanita dengan kepribadian lembut dan penurut bukan jalan hidupnya, masa lalunya yang kelam membuat ia lebih gemar berkelahi walaupun memiliki otak yang pintar. Mencoba berubah dan membangun kehidupan yang “normal” ia mendapat pertolongan dari seorang dokter yang beralih profesi menjadi guru, membantunya berubah untuk menjadi seorang dokter dari yang awalnya merupakan wanita dengan "jiwa" seorang gangster.   


Sinopsis:

Yoo Hye-jung (Park Shin-hye) merupakan seorang remaja beranjak dewasa yang memiliki kepribadian dan pola pikir terlalu bebas. Sikapnya yang bandel dan gemar berkelahi membuatnya “dibuang” oleh ayah kandungnya untuk tinggal bersama sang nenek yang sangat ia cintai. Luka yang ia peroleh di masa kecil membuat  Yoo Hye-jung menutup diri dari orang lain di sekitarnya, ia melakukan apa yang ingin ia lakukan dari yang berada di batas wajar hingga yang telah menjurus ke arah kriminal.

Untuk mengubah kehidupan cucunya agar memperoleh masa depan yang lebih baik sang nenek meminta Yoo Hye-jung untuk melanjutkan kegiatan akademisnya di high-school. Di sana Yoo Hye-jung bertemu dengan Hong Ji-hong (Kim Rae-won), seorang dokter berbakat yang memilih menjadi guru, menjadi mentor Hye-jung dan berperan penting dalam mengubah hidupnya. Dipisahkan oleh sebuah insiden akibat ulah dari Jin Seo-woo (Lee Sung-kyung) mereka dipertemukan kembali 13 tahun kemudian ketika Hye-jung telah menjadi seorang dokter.


Doctors

Title: 닥터스/ Dakteoseu
Also known as: Doctor Crush
Genre: Medical drama, Romance, Drama, Comedy
Director: Oh Choong-hwan
Writer: Ha Myung-hee
Broadcast Network: SBS


CAST:

Kim Rae Won as Hong Ji Hong
Park Shin Hye as Yoo Hye Jung
Yoon Kyun Sang as Jung Yoon Do
Lee Sung Kyung as Jin Seo Woo
Ji Soo as Kim Soo Chul
Moon Ji In as Chun Soon Hee
Jang Hyun Sung as Kim Tae Ho
Kim Kang Hyun as Kang Kyung Joon
Baek Sung Hyun as Pi Young Kook
Jo Hyun Shik as Ahn Joong Dae
Kim Min Suk as Choi Kang Soo
Uhm Hyo Sup as Jin Myung Hoon
Han Bo Bae as Yoo Yoo Na
Lee Ho Jae as Hong Doo Shik
Yoo Da In as Jo In Joo
Jun Gook Hwan as Jin Sung Jong
Yoon Hae Young as Yoon Ji Young
Kim Young Ae as Kang Mal Soon



[Spoiler Alert]




EPISODE 5

Broadcast Date: July 4, 2016


Wah, pick up lines yang diberikan oleh penulis cerita kepada karakter Hong Ji-hong di sini terasa memikat. Saya suka setiap baris yang Ji-hong pergunakan untuk menyampaikan isi hatinya kepada Hye-jung, sweet dan terasa smooth, kesan cheesy yang dihasilkan tidak berlebihan sama seperti yang ia lakukan ketika mereka bertemu kembali untuk pertama kali di helipad. Tapi berbicara usaha Ji-hong untuk meraih cinta Hye-jung bukankah cara yang ia lakukan terasa terlalu “mudah”? Mereka terpisah selama 13 tahun, lebih dari satu dekade, straightforward and strong confession membuat unsur romance yang sejak awal memang sudah penonton antisipasi menjadi terasa kurang mempesona. Ini akan menarik jika potensi kisah cinta antara Ji-hong dan Hye-jong dibangun secara perlahan, sedikit tarik ulur dengan memberi kesempatan bagi dua karakter tersebut untuk sama-sama meyakinkan perasaan mereka, apakah itu cinta atau hanya nafsu dari masa lalu?

Bukan berarti saya mengharapkan sebuah love relationship yang “kabur” di dalam cerita namun dengan 15 episode tersisa akan lebih baik jika cerita menggoda penonton lebih dalam terlebih dahulu, memberikan transisi “hati” setelah lama terpisah yang lebih make more sense, hal tersebut juga dapat membuat “magic” dari cinta dapat terasa lebih meledak. Kondisi itu yang menyebabkan konflik di sekitar hubungan Ji-hong dan Hye-jung daya tariknya perlahan menyaingi mereka. Fokus episode ini adalah membangun kembali koneksi antara Ji-hong dan Hye-jung tapi selain pick up lines tadi mereka tidak menjadi highlight. Memang belum sepenuhnya terbentuk namun menarik untuk dinantikan berapa banyak lagi reuni yang akan terjadi dan motivasi sesungguhnya di balik eksistensi karakter di cerita, seberapa jauh plot akan menjadi kompleks dengan berbagai konflik kecil yang perlahan tumbuh. Yeah, it’s another game of thrones in hospital with a bit Grey’s Anatomy style.

Tapi itu tidak masalah asalkan enjoyment yang dihasilkan di setiap episode selanjutnya terus menarik. Episode ini berhasil tampil cukup menghibur, fun interactions tidak hanya hadir dari main cast namun juga karakter pendukung, Yoon-do berhasil mencuri perhatian paling besar. Mereka likeable, humor yang ditampilkan oke dengan banter yang pas dan sesekali menghadirkan interaksi senior dan junior yang manis. Terlepas dari dramatisasi kompetisi antar dokter di ruang operasi yang (masih) terasa cukup mengganggu buat saya (nyawa manusia taruhannya) tone dan pace episode ini juga terasa manis, terasa santai tapi mampu membuat penonton tertarik untuk mengantisipasi apa yang akan selanjutnya terjadi. Untuk sekarang unsur “politik” di dalam cerita dan kemana Seo-woo akan melangkah mendadak menjadi hal paling menarik dari ‘Doctors’, bagaimana mereka akan hadir dalam skala yang lebih besar. Jika cerita mampu memberi irama yang lebih manis pada hubungan antara Ji-hong dan Hye-jung yang masih menjadi jualan utama, they will got my full attention back.

Score: 8/10




EPISODE 6

Broadcast Date: July 5, 2016


Jika sebuah K-drama membawa 20 episode di pundaknya sejak awal maka di episode lima atau enam biasanya konflik utama yang benar-benar kuat dan menarik tidak hanya sekedar sudah on the way saja tapi sudah muncul di permukaan dan mengunci atensi. ‘Doctors’ belum memiliki hal tersebut. Ini terasa seperti di bagian awal penulis dan sutradara mencoba memakai waktu ekstra sebanyak empat episode yang mereka punya untuk cerita yang berukuran 16 episode. Niat ‘Doctors’ perihal ingin menjadi drama seperti apa memang sudah dimengerti oleh penontonnya namun semuanya masih terasa terurai, mengandalkan hubungan antara karakter sembari mendorong protagonis utama untuk menemukan “medan perang” sesungguhnya. Bukan berarti harus muncul sebuah konflik besar yang menggelegar namun seperti review di episode sebelumnya cukup disayangkan ‘Doctors’ tidak mencoba menggoda penontonnya jauh lebih dalam.

Sebenarnya ‘Doctors’ sudah mencoba menggoda penonton dengan berputar-putar di area yang sama pada episode lima dan enam namun progress dari konflik terasa begitu lamban. Aspek medis perlahan sedikit tergerus daya tariknya, politik di dalam manajemen rumah sakit juga masih terasa menggantung. Tentu saja tidak selalu harus menyajikan scene operasi dan saling “intip” dan jegal antar kompetitor namun setidaknya penonton tetap diberikan sebuah “alarm” bahwa elemen-elemen seperti tadi tetap menjadi bagian penting cerita, karena in the end ‘Doctors’ tampaknya akan banyak bermain di sana. Ini tetap menghibur dengan menghadirkan interaksi antar karakter yang oke sembari menyajikan hubungan sebab dan akibat di dalam cerita, namun episode ini terasa sedikit kurang dinamis jika dibandingkan dengan empat episode sebelumnya, seperti terlena pada usaha membangun hubungan antara Ji-hong dan Hye-jung dan lupa “memoles” berbagai konflik dan plot lain di sampingnya.

Di episode ini Seo-woo memiliki kesempatan tampil yang cukup besar namun perkembangannya terasa kasar. Dengan latar belakang yang ia miliki Seo-woo punya potensi untuk terlibat dalam “pertarungan” besar yang mungkin akan terjadi tapi ketimbang sebagai seorang dokter saya merasa ia seperti model yang mondar-mandir di rumah sakit penuh rasa insecure akibat sikap perfeksionis terhadap cinta dan perasaannya. Semoga di episode selanjutnya Seo-woo mendapat perkembangan yang lebih menarik sehingga pesona dokter yang ia miliki bisa bersinar. Cukup disayangkan pula scene yang melibatkan pemilik restaurant itu menghasilkan emosi yang kurang kuat. Hal terbaik yang dilakukan episode ini bukan pada hubungan Ji-hong dan Hye-jung yang masih cukup stagnan namun pada karakter Yoon-do. Muncul sebagai pria arogan karakter Yoon-do ternyata punya “lapisan” lain yang menarik, dengan begitu mudah pesona yang ia punya berubah lewat ekspresi yang sederhana tapi lucu, dia punya charm yang membuat penonton mengerti mengapa Seo-woo tertarik padanya.

Pada review sebelumnya saya mengatakan terkesan dengan rasa “natural” yang ditampilkan ‘Doctors’ namun bagian penutup episode ini yang over-the-top dan terasa forced itu membuat arah mungkin akan berubah. Tingkat enjoyment tidak berubah drastis tapi episode ini menampilkan grafik menurun terkait hal tersebut. Rasa percaya diri ‘Doctors’ masih tinggi, berani bermain cheeky dan witty meskipun membawa tema utama berupa dunia medis namun sudah saatnya untuk membawa semua elemen naik satu tingkat lebih tinggi, menghadirkan progress cerita yang sedikit lebih besar lagipula dengan tampil sedikit lebih rumit dan berwarna pasti akan lebih menarik. Mengapa? Karena pondasi yang dimiliki ‘Doctors’ sudah baik, pondasi karakter beserta masalah yang mereka alami menarik untuk dinanti namun untuk tetap menjaga daya tarik tersebut maka mereka harus “didorong” secara lebih kuat. Romance dan karakter masih terasa menarik namun sudah saatnya ‘Doctors’ mulai menyusun “puzzle” tersebut dalam gerak yang sedikit lebih cepat.

Score: 7,75/10






0 komentar :

Post a Comment