24 February 2012

The Hunger Games trilogy


The Hunger Games Trilogy

Yay, akhirnya saya mendapatkan buku Mockingjay, buku terakhir dari salah satu trilogi favorit saya, The Hunger Games. Trilogi ini menceritakan tentang petualangan Katniss, seorang gadis yang menjadi simbol pemberontakkan di Panem. Kesuksesannya dalam Hunger Games menjadi pemicu distrik-distrik untuk bersatu. Trilogi karangan Suzanne Collins ini terdiri dari tiga buku, The Hunger Games, Catching Fire, dan yang terakhir Mockingjay. Untuk sementara saya belum sempat untuk membaca Mockingjay, dikarenakan satu dan lain hal *haha*. Untuk saat ini saya ingin berbagi cerita mengenai dua buku awal, The Hunger Games dan Catching Fire yang sudah saya baca tahun lalu. :p

Edit: 2 November 2013
Karena dalam beberapa hari terakhir trafik menuju post yang terkait dengan The Hunger Games mulai mengalami peningkatan menjelang akan rilisnya The Hunger Games: Catching Fire pada penghujung bulan November, maka saya memutuskan untuk memberikan warning bagi post ini.
Singkat saja, ini bukan review melainkan penceritaan kembali dari isi buku.  Dan karena cara saya bercerita yang kala itu masih sangat dasar maka tulisan ini secara keseluruhan akan mengandung alur cerita dari buku tersebut. So, full spoiler. Read at your own risk. 

[SPOILER ALERT]

The Hunger Games

The Hunger Games
Panem, muncul dari sisa-sisa Amerika Utara. Capitol, ibu kota Panem, dikelilingi 13 distrik. Suatu ketika terjadi perlawanan. Dua belas kalah, distrik 13 dimusnahkan.

Sebagai hukuman, setiap tahunnya diadakan Hunger Games, yang disiarkan ke seluruh negeri. Dua belas anak, usia 12-18 tahun, masing-masing 2 dari tiap distrik, pria dan wanita, dikumpulkan disatu arena, untuk saling bunuh, dan peserta terakhir yang hidup menjadi pemenang. Pasti ada yang ke pikiran Battle Royal. Saya juga. Tapi menurut saya The Hunger Games berhasil dikemas dengan lebih baik dibanding Battle Royal. imo. 

Distrik 12 termasuk distrik yang kurang dari segi ekonomi. Distrik ini dikenal sebagai distrik penghasil batu bara. Setiap anak usia 12-18 tahun memiliki kesempatan mengajukan tessera, untuk mendapatkan tambahan persediaan gandum dan minyak untuk satu orang, dengan konsekuensi namanya bertambah satu dalam daftar pemungutan, dan bersifat kumulatif. Katniss Everdeen, wanita berusia 16 tahun yang sejak usia 11 tahun telah ditinggal sang ayah yang tewas dalam ledakan tambang batu bara, dan kini seorang diri menjadi tulang punggung keluarga, akan memasukkan 20 kali namanya pada tahun ini. Celakanya, nama yang keluar adalah Primrose Everdeen, adik Katniss, yang hanya memasukkan satu lembar namanya. Katniss tidak terima, dan mengajukan diri untuk menggantikan posisi Prim. Panitia menerima penawaran tersebut. Terpilihlah Katniss serta Peeta Mellark dari pihak pria untuk mewakili distrik 12. 

Singkat cerita, ke 24 peserta dikirm ke satu arena yang telah diatur serta diawasi kamera pengintai. Diawali dari berdiri di piringan-piringan logam yang mengelilingi Cornucopia, tempat diletakkannya semua jenis senjata yang bisa digunakan, yang telah dikelilingi ranjau darat. Gong berbunyi, dimulailah Hunger Games. Namun ada yang berbeda tahun ini. Ketika tersisa 6 peserta, panitia secara tiba-tiba merubah peraturan dengan mengijinkan 2 pemenang, tapi dengan syarat berasal dari distrik yg sama. Ini mungkin dikarenakan animo masyarakat terhadap hubungan "istimewa terencana" Katniss dan Peeta, dua remaja berusia 16 tahun dari distrik 12, sehingga masyarakat tidak rela mereka dipisahkan oleh maut di acara ini.

Keluar lah Katniss dan Peeta sebagai dua peserta terakhir. Namun, kembali, secara tiba-tiba panitia merubah peraturan menjadi hanya ada satu pemenang. Ini membuat Katniss yg tidak rela kehilangan Peeta mengambil buah berry beracun, dan sepakat untuk sama-sama meminum buah tersebut. Akhirnya panitia luluh, dan mereka dinyatakan sebagai pemenang.


Catching Fire

Catching FireNamun, Capitol menilai sikap Katniss untuk meminum buah berry sebagai bentuk pemberontakan. Oleh karena itu Presiden Snow meminta agar Katniss membuktikan kepada masyarakat bahwa cintanya pada Peeta itu nyata, bukan palsu. Jika gagal, keluarga dan orang-orang yang dikasihi Katniss akan menjadi korban.

Sesuai tradisi pemenang diarak ke tiap distrik, mulai dari distrik 11 hingga berakhir di Capitol, ibu kota Panem. Di sanalah Katniss dilamar oleh Peeta, dan diterima. Capitol pun segera menyusun rencana pernikahan mereka. Distrik pemenang menjadi penutup dari tradisi ini. Menjelang acara di distrik 12, tersiar berita mengejutkan yang hanya diketahui walikota Distrik 12 dan Katniss, terjadi pemberontakan di distrik 8!!!

Seketika itu juga Katniss mulai menjalankan misinya sejak awal ketika menjadi pemenang Hunger Games, melarikan diri dari Panem. Niatnya semakin besar ketika dia pergi ke hutan, dan bertemu dengan dua orang penduduk distrik 8 yang kabur, dengan tujuan utama Distrik 13. Ia mulai bimbang akan eksistensi Distrik 13. Ia mulai memberitahukan rencananya kepada orang-orang yang diinginkannya untuk ikut bergabung. Pertama Gale, kemudian Peeta. Sayangnya, kepala penjaga perdamaian diganti, dan Gale lah korban pertama karena kedapatan membawa kalkun hasil buruan. Masyarakat dilarang melewati hutan, akan tetapi kepala penjaga perdamaian yang lama, Cray, sedikit longgar akan aturan itu. 

Tahun itu juga akan diadakan Quarter Quell ke 3, perayaan Hunger Games setiap 25 tahun. Secara mengejutkan, sistem berubah. Peserta dipilih dari para pemenang yang masih hidup. Distrik 12 hanya punya 3 pemenang yang masih hidup. Peeta, Katniss, dan Haymitch, mentor mereka berdua ketika hunger games 74. Dua pria, satu wanita. Itu berarti Katniss kembali ke arena!!!

Peeta dan Katniss kembali ke arena, setelah Peeta mengajukan diri menggantikan Haymitch yang terpilih. Kali ini mereka mengikuti saran dari Haymitch yang kembali menjadi mentor mereka, yaitu membentuk sekutu. Dan sejak awal Katniss diingatkan bahwa yang diselamatkan kali ini adalah Peeta. Sejak awal pula skenario baru dimainkan, yaitu Katniss sedang hamil. Ini dikarenakan pengakuan "sengaja" Peeta ketika wawancara yang mengakui bahwa dia dan Katniss sebenarnya telah resmi menikah. 

Sistem yang dipakai oleh juri kali ini adalah sistem jam, dimana mereka ditempatkan di satu pulau besar, yang dibagi secara maya menjadi 12 bagian, dengan tiap bagian memiliki tantangan yang berbeda. Satu persatu sekutu mereka tewas, yang anehnya, sesuai dengan instruksi Haymitch, rela mengorbankan nyawa mereka untuk melindungi Peeta. Akhirnya tersisa enam orang, Peeta, Katniss, Beetie, Fannick, Johanna, dan Enobaria (satu-satunya musuh diluar sekutu). Tapi ternyata akhirnya berbeda. Semua sudah diatur oleh Haymitch dan Plutarch, ketua juri yang ternyata menyamar untuk menjatuhkan Capitol.

Mereka menyusun rencana bersama distrik 3,4,6,7,8, dan 11 untuk meloloskan mereka dari Quell, sejak awal. Hasilnya, Katniss, Fannick, dan Beetie berhasil mereka selamatkan. Sedangkan Peeta, Johanna, dan Enobaria berhasil ditangkap oleh Capitol. Dan sejak awal pula Katniss telah di tipu oleh Haymitch. Dirinyalah yang dilindungi dalam rencana ini. Hal ini dikarenakan Katniss adalah Mockingjay, yang secara tidak resmi menjadi simbol pemberontakan terhadap Capitol. Selama Katniss hidup, revolusi akan tetap hidup.

Pemberontakan besar-besaran di tiap distrik pun terjadi Capitol mengirim pesawat pengebom ke distrik 12. Distrik 12 musnah, dan distrik 13 kembali. Yap, distrik 13 masih ada.


Mockingjay menyusul ya. :)



0 komentar :

Post a Comment