25 January 2015

The 4th Annual PnM Awards


Tahun 2014 merupakan tahun yang sangat sangat special bagi rorypnm, tahun yang seolah melipatgandakan pencapaian yang berhasil di raih pada tahun 2013, tahun yang seperti menjadi sebuah batu berukuran besar dan kokoh dimana kami dapat dengan penuh percaya diri menjejakkan kaki diatasnya untuk kemudian melompat lebih tinggi lagi. Mungkin sebuah kalimat dari Socrates dapat menggambarkan pelajaran berharga yang kami peroleh di tahun 2014 yang lalu, “The secret of change is to focus all of your energy, not on fighting the old, but on building the new.” Dari 500++ film hasil kombinasi, berbagai genre yang penuh warna, bersama dengan pertumbuhan yang menyenangkan, berikut adalah para crème de la crème versi rorypnm, terbaik dari yang terbaik dan berhasil menjadikan kami terpukau dan terhibur tahun lalu, mereka yang mulai hari ini resmi kami sebut the old bersama dengan lambaian tangan dan kemudian melangkah maju untuk kembali membangun sesuatu yang baru.

Dunia perfilman di tahun 2014 bagi kami lebih baik dibandingkan dengan tahun 2013. Kami tidak berbicara penilaian terhadap pencapaian box-office, jumlah penonton, dan lain-lain terkait bisnis industri ini, namun dari rasa puas yang kami dapatkan 2014 membawa kami naik satu level. Salah satu kejutan terbesar tahun ini adalah dimana 2014 memberikan summer blockbuster yang sangat-sangat menyenangkan, bukan hanya satu atau dua namun banyak diantara mereka yang secara mengejutkan tidak memberikan hasil akhir yang menjengkelkan, bahkan kita punya dua film yang secara instant akan sulit untuk dilupakan, Edge of Tomorrow dan Guardians of the Galaxy. Kemilau mereka menariknya terpecah menjadi dua bagian jika kita berbicara genre, ada yang bersinar sangat terang namun ada pula yang hanya menghasilkan line-up dengan komposisi yang terasa sangat kurang kompetitif.

Sama seperti tahun sebelumnya kami masih menerapkan 12 genre, dan di antara mereka hanya dua yang bagi kami terasa sangat redup tahun ini, horror dan fantasi, dua genre yang juga mengalami hal yang sama tahun lalu. Menariknya adalah 10 genre yang tersisa menghasilkan komposisi yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Contoh mudahnya adalah biografi yang tahun seperti merajai kandidat film terbaik dengan daya tarik lewat cerita-cerita sejarah yang dikemas dengan berbagai cara, begitupula dengan drama, komedi, romance, dan juga sci-fi masih konsisten dengan sususan film yang ketat. Genre yang mengalami loncatan sangat besar adalah action dan thriller. Banyak action di tahun 2014 yang bukan hanya sekedar berisikan adu tembak standard, tidak sedikit diantara mereka yang berhasil menebar pesona yang memikat begitupula dengan thriller yang mayoritas bercerita dengan cepat namun dibalik ketenangan yang mereka tampilkan sukses membuat kami terus mengikuti mereka dengan tegang.

Dari genre kita masuk ke elemen penyusun film. Dari sutradara, aktor, aktris, para pemeran pendukung, hingga elemen-elemen teknis, mereka sukses memberikan kerumitan yang bukan hanya menjadikan kami pusing namun terus menerus merasakan ragu dengan pilihan kami. Oleh karena kondisi tersebut di edisi ini kami mencoba menghadirkan ulasan singkat dari masing-masing kategori yang dapat anda temukan dengan cara melakukan klik pada gambar. Hal serupa juga kami temukan di kategori best ensemble cast dan juga film animasi terbaik. Tahun 2013 lalu film dengan cast gemuk yang masing-masing dari mereka memberikan kontribusi memikat terbilang minim, namun tahun 2014 justru sebaliknya, Film animasi juga mengalami hal serupa dimana tahun 2013 seperti sudah menjadi milik Frozen bahkan ketika november resmi berakhir, namun tahun ini seperti sebuah siklus, di awal tahun kami menemukan dua yang memikat, pertengahan tahun kami kembali memperoleh satu kandidat kuat, dan tiga bulan di akhir tahun memberikan kami tiga film yang juga kuat, hingga akhirnya di tutup pada awal tahun ini.

Beralih ke kategori televisi. Setelah Breaking Bad resmi berakhir tahun 2013 yang lalu terjadi pertarungan yang sangat sengit di kategori drama, ada yang masih konsisten berada di kualitas miliknya yang tahun lalu telah memikat, ada yang berhasil menghadirkan perubahan dan dengan cepat mencuri perhatian, namun yang paling menarik adalah lima dari 12 nominasi merupakan series baru. Kejutan juga terjadi di sector komedi dimana jagoan utama The Big Bang Theory yang beberapa tahun ini seperti sulit untuk di kalahkan mulai menemukan lawan-lawan sulit yang sanggup menggoyahkan posisinya di puncak. Yang menarik dari sektor televisi adalah di tahun 2014 bukan hanya kontributor namun saya juga mulai mengikuti beberapa drama korea, dimulai di akhir tahun 2013 oleh You Who Came From the Stars (drama korea pertama yang saya ikuti secara penuh sejak Personal Taste empat tahun yang lalu), drama korea seperti mulai memancarkan sinarnya yang berhasil membuat saya silau dan tertarik untuk menyantap mereka. Hasilnya seperti yang telah anda temukan di daftar nominasi terdapat empat drama series dari Korea yang berhasil masuk di daftar terbaik tahun lalu.

Tidak tahu mengapa sejak awal tahun lalu saya merasa seperti terlalu lepas ketika sedang bercerita dalam bentuk tulisan, sering kali beberapa tulisan mengalami editing dalam jumlah besar untuk menjaga kepadatan tiap post, dan hal tersebut juga terjadi di post ini. Meskipun dalam beberapa hari kedepan akan hadir review yang masih belum rampung untuk di publish tapi secara simbolik post ini resmi menutup musim 2014 bagi rorypnm, dan mari mulai musim baru, membangun yang baru. Oke, turn your lights off, play a drum roll, hold on, a bit draggy, not quite my tempo. Let’s restart, turn your lights off, play a drum roll, dan ijinkan kami mempersembahkan PnM Awards 2015. Sampai jumpa tahun depan. :)







0 komentar :

Post a Comment