18 July 2012

Movie Review: Friends With Kids (2012)


Friends with kids, memiliki anak dengan seorang teman. So what?? Jelas hal yang lumrah, jatuh cinta kepada teman dan akhirnya memutuskan untuk menjalin cinta, menikah, dan memiliki anak. Tapi tunggu dulu, kondisi itu tidak sepenuhnya berlaku di film ini. Suatu ketika timbul keinginan dari Julie Keller (Jennifer Westfeldt), yang merupakan sahabat dekat Jason Fryman (Adam Scott), untuk memiliki anak. Namun setelah melihat kondisi rumah tangga dari keempat teman dekat mereka yang telah memiliki anak, Ben (Jon Hamm)Missy (Kristen Wiig) dan Alex (Chris O'Dowd)Leslie (Maya Rudolph), muncul keraguan dalam diri Julie. Tetapi Jason memiliki ide yang lebih baik bagi mereka berdua.

Jason dan Julie memutuskan untuk memiliki anak (yang mereka namai Joe), namun tidak mengikat hubungan mereka dalam status hukum yang jelas, alias pernikahan. Best friend forever mungkin? Dengan begitu mereka berharap tidak akan ada masalah yang timbul karena mereka bebas untuk berkencan dengan orang lain. Yap, itu harapan mereka pada awalnya, sebelum kemunculan Mary Jane (Megan Fox) disusul Kurt (Edward Burns), ditambah Joe yang mulai menginjak usia balita.


Jangan terpengaruh kehadiran duo Bridesmaids Wiig dan Maya, begitupula si IT Expert Chris O'Dowd. Jennifer Westfeldt adalah tokoh utama dalam film ini, dari sutradara, penulis, hingga pemeran utama. Pengalaman pertamanya sebagai sutradara, namun eksekusi Jennifer terbilang baik. Yang paling menarik adalah cerita yang ia tulis. Memiliki anak tanpa terikat status hukum mungkin sudah familiar di jaman sekarang. Namun bagaimana Jennifer memberikan sentuhan komedi yang tepat, memanfaatkan cerita pendukung, disertai twist yang menurut saya oke, menjadikan Friend with Kids terus hidup selama 107 menit.

Cast yang dipilih Jennifer juga sangat tepat. Adam Scott, yang tidak begitu dominan di Parks and Recreation, berhasil memanfaatkan kesempatan yang ia dapat. Jennifer juga bermain baik, tapi entah mengapa bagi saya masih berada dibawah Adam. O’Dowd dan Maya Rudolph menjalankan tugas mereka dengan baik,menyuntikkan unsur komedi. Kristen Wiig juga berhasil memanfaatkan bagian yang ia miliki dengan meninggalkan kesan yang mendalam lewat akting dinginnya. Sisanya mungkin sebagai pelengkap, termasuk Jon Hamm (Mad Men) yang hanya menonjol di percakapan ketika makan malam. Megan Fox? Ah, hanya pemanis.


Overall, ini film yang menghibur. Premis yang kuat, dibantu dengan cast yang menjalankan tugasnya dengan baik, menjadikan show dari Jennifer Westfeldt ini layak ditonton. Tidak ada rasa bosan, karena cerita dengan skala kecil yang Jennifer ciptakan mampu ia manfaatkan dengan baik untuk membantu cerita utama. Yang kurang bagi saya adalah bagian akhir film yang terlalu cepat, dan diakhiri dengan ending yang kurang nendang. Scene favorit saya adalah percakapan ketika makan malam menjelang tahun baru, interaksi dengan banyak pertanyaan tricky yang bisa menimbulkan ledakan besar. Yang terpenting adalah pesan awal dari film sendiri berhasil disampaikan dengan baik, yaitu bagaimana sebenarnya menjaga komunikasi merupakan kunci sukses dalam berkeluarga. 

Score: 7,25/10

0 komentar :

Post a Comment